Aussie Poker Pro Billy Jordanou Memenangkan Guilty untuk Peran dalam $ 53 Juta Ponzi Scheme

Berita Poker – Profesional poker Australia William “Billy” Jordanou telah mengakui perannya dalam skema Ponzi besar-besaran yang merampok korban A $ 72 juta (USD $ 53,1 juta).

Penduduk Melbourne telah menghabiskan empat tahun terakhir melawan tuduhan itu sementara bebas dengan jaminan, tetapi ia akhirnya menyerah pada pertarungan itu minggu ini.

Jordanou mengaku bersalah di ruang sidang di Melbourne, mengakui bahwa ia memanipulasi dokumen bank untuk mendapatkan pinjaman bagi kliennya. Uang itu, biasanya dimaksudkan untuk investasi properti, kemudian diambil dari akun klien dan untuk mendanai gaya hidup roller tinggi yang menjadikan Jordanou tokoh terkenal di kalangan poker.

Yang juga mengaku bersalah adalah Robert Zaia yang berusia 54 tahun, yang menyalurkan 20 juta dolar dana palsu ke dalam kepercayaan keluarganya.

Anatomi Penipuan Perbankan
Commonwealth Bank of Australia (CBA) pertama kali melihat transaksi mencurigakan pada tahun 2007, tetapi tidak memberi tahu polisi hingga 2011, menurut dokumen pengadilan.

Untuk sementara, Jordanou dan Zaia menggunakan uang itu untuk membiayai armada mobil mewah, jet ski, kapal, dan tempat perjudian dengan roller tinggi di Las Vegas dan Makau.

Dengan permohonan bersalah, kasus akan langsung dilanjutkan ke fase penghukuman. Tapi itu juga meninggalkan pertanyaan yang tak terjawab tentang beberapa tuduhan.

Pada 2013, satu korban yang kehilangan jutaan orang menuduh CBA karena kelalaiannya karena gagal memeriksa aplikasi pinjaman. Beberapa bahkan melangkah lebih jauh, mengklaim bahwa bank terlibat dalam penipuan.

Menurut Sydney Morning Herald, seorang mantan karyawan bank mengatakan dia dan setidaknya dua orang lainnya tahu tentang aplikasi pinjaman yang buruk.

Bank membantah melakukan kesalahan dalam pernyataan yang dirilis minggu ini.

“Investigasi oleh CBA dan Polisi Victoria bagaimanapun tidak menemukan bukti kolusi atau mengetahui keterlibatan staf bank dalam penipuan Jordanou-Zaia,” tulis pejabat bank.

Dari Casino ke Clink
Jordanou, 59, memiliki sesuatu dari resume poker, dengan sekitar $ 592.000 dalam kemenangan karir dari 19 cashes antara 2009 dan 2013.

Dia memiliki dua tempat pertama selesai, keduanya di Melbourne pada tahun 2009 – di Joe Hachem Deep Stack Series, memenangkan A $ 1,650 NLH Shootout dibayar A $ 22,500 (US $ 14,404), dan Kejuaraan Poker Victoria, di mana ia menurunkan roller tinggi A $ 25.200 seharga A $ 200.000 (US $ 165,767).

Uangnya yang terbesar dan paling menonjol datang dari High Roller senilai $ 100,000 pada 2010 Australia New Zealand Poker Tour (ANZPT) di Sydney. Dia selesai ketiga, di belakang Phil Ivey dan Dan Shak dengan harga US $ 203.846.

Dia bukan yang pertama dari dunia poker yang dituduh menjalankan skema Ponzi. Penduduk asli New Jersey, Evan Kochav, dihukum delapan tahun penjara karena mencuri $ 500.000 dari para korbannya.

Kalimat untuk Jordanou dan Zaia diharapkan akan diwariskan di kemudian hari.